“Sinergi Akademisi dan Industri Menuju Wirausaha Mandiri Berbasis Digital”

Pada Rabu (6/3/2024) telah berlangsung kegiatan Workshop Academy Link Industry dengan tema “Sinergi Akademisi dan Industri Menuju Wirausaha Mandiri Berbasis Digital” di Ruang Sidang LPPM Universitas Mataram.Kegiatan ini dimulai dari pukul 08.00 Wita hingga selesai.  Acara ini merupakan kolaborasi antara Pusat Inkubator Bisnis dan Inovasi (KUBINOV) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mataram (LPPM UNRAM) dengan instansi pemerintah dan swasta. Kegiatan ini dihadiri oleh 50 tenant binaan KUBINOV, yang terdiri dari Dosen, Mahasiswa, dan Alumni.

Pelaksanaan Workshop Academy Link Industry pada tahun 2024 ini dihadiri oleh Kepala KUBINOV, Sekretaris LPPM dan Pengurus KUBINOV LPPM UNRAM. Serta menghadirkan 3 narasumber yang di antaranya Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Ibu Baiq Nelly Yuniarti, AP., M.Si; Specialist I Do It Solutions & Digitelnusa, Bapak Idham, M.Kom; dan Planning and Research Manager ITDC, Ibu Rannie Kamil.

Kegiatan Workshop Academy Link Industry ini bertujuan untuk meningkatkan Kolaborasi Riset Perguruan Tinggi dengan Dunia Industri. Dengan membangun ekosistem yang mendukung untuk peningkatan mutu dan relevansi pendidikan tinggi di Indonesia. Kegiatan ini juga menekankan pentingnya sinergi antara tenant binaan KUBINOV dengan sektor industri, yang mampu meningkatkan kapasitas tenant menuju industri yang berdaya saing tinggi.

Bapak Idham, M.Kom selaku CEO dari Specialist I Do It Solutions & Digitelnusa, membawakan materi tentang “Strategi Peningkatan Kapasitas Inovasi Akademisi Menuju Industri Digital Berdaya Saing di NTB.” Dalam paparannya, Bapak Idham menekankan pentingnya inovasi dan adaptasi teknologi bagi akademisi dan pelaku industri di Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk tetap kompetitif di era digital. Beliau juga membahas berbagai strategi yang dapat diterapkan oleh akademisi untuk meningkatkan kapasitas inovasi mereka.

Melalui kegiatan Academy Link Industry ini, diharapkan akan terjalin kolaborasi yang lebih erat antara akademisi dan industri, sehingga tercipta inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi perekonomian nasional. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menginspirasi dosen, mahasiswa, dan alumni untuk terus berinovasi dan mengembangkan wirausaha berbasis digital yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Kegiatan ini merupakan langkah awal yang penting dalam membangun ekosistem pendidikan tinggi yang relevan dengan kebutuhan industri. Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan tujuan besar untuk menciptakan wirausaha mandiri berbasis digital dapat tercapai.

Lalu kegiatan ini ditutup dengan pemberian Merchandise oleh Bapak Idham, M.Kom selaku CEO Specialist I Do It Solutions & Digitelnusa Kepada Kepala KUBINOV LPPM UNRAM serta Pemberian Sertifkat Oleh Kepala KUBINOV UNRAM kepada para Narasumber.

Open chat
💬 Do you need any help?
Digitelnusa Support
Hello there! 👋
Do you need any help?